KRD Bandung Raya (Padalarang - Cicalengka PP)

Kali ini Transportasi Bandung akan mengupas tentang kereta komuter favorit warga Bandung Raya, yaitu KRD Bandung Raya. Masyarakat Bandung biasa menyebut kereta ini dengan KRD saja. Rangkaian kereta yang menggunakan gerbong penumpang kelas ekonomi ini adalah kereta komuter yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung. Kereta ini beroperasi mulai dari Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat sampai Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung. Bisa dibilang, kereta ini berjalan "membelah" Bandung Raya. Mengapa? Karena jalur kereta api di daerah Bandung Raya (Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kab. Bandung) berada persis di tengah-tengah Bandung dan seakan membagi Bandung menjadi 2 daerah, Bandung Utara dan Bandung Selatan.

Masyarakat Bandung biasa menggunakan moda transportasi publik ini untuk pergi/pulang ke/dari kantor, pergi/pulang ke/dari sekolah, membawa barang dagangan ke pasar, dan lain-lain. Kereta ini menjadi sarana transportasi untuk membawa barang dagangan ke pasar karena stasiun-stasiun tempat berhentinya KRD ini dekat dengan pasar, seperti Pasar Ciroyom (dekat Stasiun Ciroyom), Pasar Kosambi (dekat Stasiun Cikudapateuh), dan Pasar Padalarang (dekat Stasiun Padalarang). Bisa dibilang inilah moda transportasi vital di Bandung selain angkot-angkot yang ada di Bandung. Karena jika kereta ini tak ada, maka kegiatan sehari-hari warga Bandung pasti terganggu.

Fasilitas yang ada di kereta ini sudah lebih baik dari beberapa tahun lalu karena penambahan AC dan stopkontak listrik untuk mengisi ulang daya handphone Anda (iya, memang ada stopkontak listrik di kereta ini. Jangan kaget!). Namun, untuk AC ada beberapa yang rusak karena ketidaktahuan penumpang yang ingin mematikan AC ataupun karena ulah tangan-tangan jahil.

Karena ini adalah kereta ekonomi, maka anda harus bersiap-siap karena pedagang asongan dan pengamen akan bulak-balik kereta. Barang bawaan anda pun juga harus disimpan selalu di dekat anda karena rawan copet di kereta ini. Namun, untunglah kini ada petugas keamanan yang bertugas menjaga keamanan di kereta ini.

Kereta ini beroperasi mulai jam 4 pagi hingga jam 10.30 malam. Namun pada jam tertentu, KRD Bandung Raya tidak akan berhenti di beberapa stasiun. Biasanya kereta ini akan berhenti di semua stasiun di jam-jam sibuk.
Semenjak tahun 2010, stasiun Andir dan Gedebage tidak difungsikan sebagai tempat naik turunnya penumpang kereta karena beberapa faktor. Stasiun Andir kini difungsikan sebagai pos penjaga pintu perlintasan kereta dan pos sinyal kereta, sedangkan Stasiun Gedebage hanya difungsikan sebagai tempat administrasi untuk kereta barang yang memasuki Terminal Peti Kemas Gedebage.
Inilah jadwal lengkap KRD Bandung Raya yang Transportasi Bandung rangkum untuk anda. Biasanya jadwal akan berganti setelah beberapa tahun. Dan jadwal di bawah ini masih berlaku hingga sekarang.


Catatan:
PDL = Padalarang
GK = Gadobangkong
CMI = Cimahi
CMD = Cimindi
CIR = Ciroyom
BD = Bandung
CTH = Cikudapateuh
KAC = Kiaracondong
CMK = Cimekar
RCK = Rancaekek
HRP = Haurpugur
CCL = Cicalengka

Berh = Berhenti, maksudnya waktu kedatangan dan keberangkatan di stasiun halte tersebut tidak menentu.
Ls = Langsung, maksudnya kereta tidak akan melewati stasiun tersebut
- = Tak ada jadwal lagi di stasiun itu.

Oh iya, kotak hitam yang ada di tabel jadwal PDL - CCL itu bukan menandakan apa-apa. Itu tidak sengaja terambil saat mengambil screenshot dari Microsoft Excel :)) hehehe

Label: